PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

TEKNOLOGI INFORMASI
Sebelum kita mengetahui pengertian dari Teknologi Informasi, kita harus mengetahui pengertian dari Teknologi dan Informasi itu sendiri. Berikut penjelasannya :

Pengertian dari Teknologi yaitu pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya.
Pengertian dari Informasi itu sendiri yaitu hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya.

Jadi pengertian Teknologi Informasi secara sempit adalah Istilah berbagai macam hal dan kemampuan yang di gunakan dalam pembentukan, penyimpanan dan penyebaran informasi. namun jika kita melihat pengertian Teknologi Informasi yang lebih luas adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Namun tidak demikian apa yang kita ketahui di atas, ada juga pengertian Teknologi Informasi menurut para ahli teknologi informasi di dunia ini yaitu :

Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, Untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995)
Sistem Informasi

Pengertian : sistem yang menggunakan teknologi komputer untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi.

 

  • Komponen-komponen Sistem Informasi
  • Data : fakta mentah.
  • Informasi : data  yang telah diorganisir sehingga memberi arti.
  • Pengetahuan :informasi yang diproses sehingga memberikan pembelajaran, pemahaman untuk dapat diaplikasikan.

 

  • Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS)

Sistem Informasi yang menggunakan komputer dan teknologi komunikasi untuk melakukan tugas-tugas yang diinginkan.

 

  • Infrastruktur  Informasi
  • Perangkat Keras (Hardware)
  • Perangkat Lunak (Software)
  • Jaringan dan Komunikasi
  • Basis Data (Database)
  • Information Management Personnel

 

  • Fungsi Teknologi Informasi
  • Menangkap (Capture)
  • Mengolah (Processing)
  • Menghasilkan (Generating)
  • Menyimpan (Storage)
  • Mencari Kembali (Retrieval)
  • Melakukan Transmisi (Transmission).
  • Keuntungan Teknologi Informasi
  • Speed
  • Consistency
  • Precision
  • Reliability

 

Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.”

  • Memori
    Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori , masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
    Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum
    berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya
    menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai
    angka desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi
    yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai
    macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
    Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali – memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
  • Pemrosesan
    Unit Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan
    dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan
    juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahanarahan berkaitan.
    Berkas:CPU with pins.jpg
    Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan
    menunjukan kaki-kakinya
    Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
    Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang nyata.
    Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).

 

  • Input dan hasil
    I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
    Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah)
    informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer
    Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai
    komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.

 

  • Instruksi
    Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya
    mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah “menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456”, “menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013”, dan “jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345”.
    Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor – kode untuk “menyalin” mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam prakteknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman “tingkat tinggi” yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi).

 

  • Arsitektur
    Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
    Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama – mereka
    mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi,
    beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran
    ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan
    sedikit penggunaan komersial.
    Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai.
    Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.

 

  • Program
    Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali
    dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari
    perintah itu dilakukan berulang kali. Suatu [[Personal computer[PC]] modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, “programmer.”
    “Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain.” Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (timeslice).
    Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan
    memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini
    membagikan

 

  • Sistem operasi
    Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam
    kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
    Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.

 

  • Penggunaan Komputer
    Komputer digital pertama, dengan ukuran dan biaya yang besar, sebagian besar mengerjakan
    perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk I, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan hidroelektrik besar. Yang lainnya juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II.
    Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
    Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk
    mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia – misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
    Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan spreadsheet, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
    Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur memprogram, mulai menemukan cara
    mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan
    Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah,
    membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil).

 

  • Bagian-bagian komputer
    Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras
    (hardware).
    Perangkat keras
    Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data
    • Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
    • Hard drive, media penyimpanan semi permanen
    • Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh
    CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
    • Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan
    CPU, seperti monitor dan printer
    Perangkat lunak
    • Sistem operasi
    Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer.
    Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem
    operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
    Program komputer
    Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
    Slot pada komputer
    • ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
    • AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
    • IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
    • USB, slot untuk masukan media plug-and-play
  • Jenis komputer
    Komputer analog
    • Komputer pulsa
    • Mikrokomputer
    o Komputer rumah (home computer)
    o Komputer pribadi (PC)
    o Server
    • Minikomputer
    • Mainframe computer
    • Superkomputer

Leave a comment